Webinar “Sosialisasi Transaksi Overnight Index Swap (OIS)”

Bank Indonesia bekerja sama dengan IFEMC telah melaksanakan webinar dengan judul Sosialisasi Transaksi Overnight Index Swap (OIS) diselenggarakan pada Jumat, 20 Agustus 2021. Acara dibuka dengan opening speech oleh Bpk. Donny Hutabarat selaku Kepala DPPK BI dan Bpk. Branko Windoe selaku Co-Chairman IFEMC. Adapun pembicara pada event ini adalah perwakilan dari tiap working group (WG) IFEMC antara lain Bpk. I Made Budhi Purnama Artha dari WG Derivative, Bpk. Billy Arkan dari WG Risk Management, dan Ibu Syafitri Murni dari WG Operations. Webinar ini juga dihadiri oleh Kevin Lau & tim dari Bloomberg yang menyampaikan materi terkait sistem pendukung transaksi OIS di Bloomberg.

Overnight Index Swap (OIS) adalah kontrak/perjanjian antara 2 pihak untuk mempertukarkan aliran suku bunga dalam rupiah secara periodik selama masa kontrak atau di akhir masa kontrak berdasarkan suatu jumlah nosional (principal) tertentu yang perhitungannya menggunakan basis bunga harian (daily compounding). Bank yang melakukan Transaksi Derivatif Suku Bunga Rupiah berupa transaksi overnight index swap dapat mengacu pada IndONIA. IndONia adalah indeks suku bunga atas transaksi pinjam-meminjamkan rupiah tanpa agunan yang dilakukan antarbank untuk jangka waktu overnight di Indonesia.

Melalui transaksi OIS sebagai hedging transaction dapat meminimalisir market risk, sejalan dengan diskontinuitas LIBOR di pasar uang. Selain itu, juga dapat mendorong pengembangan dan peningkatan transaksi OIS berupa penggunaan INDONIA dan JIBOR dalam pricing produk keuangan, penerbitan surat utang bank, dan inter-desk transfer pricing. Transaksi OIS merupakan salah satu key deliverable dalam Blueprint Pengembangan Pasar Uang (BPPU) 2025, dimana IFEMC juga merupakan salah satu mitra strategis Bank Indonesia dalam BPPU 2025 serta menjadi partner diskusi bagi Working Group Transformasi Pengelolaan Moneter. Ke depan IFEMC diharapkan dapat berperan sebagai SRO yang berperanĀ  aktif pengembangan pasar uang.